Masjid Raya Nurul Hidayah Tanah Kusir adalah Bait Allah, merupakan Pusat kegiatan Ummat Islam, fungsi utamanya sebagai tempat sholat wajib berjamaah dan kegiatan ibadah lainnya. Masjid merupakan lembaga peribadatan, tempat hamba Allah SWT bertakwa untuk mendapat petunjuk, menghimpun zakat, infak, sedekah, wakaf, potensi masyarakat, mengelola dan mendistribusikannya kepada yang berhak sesuai syar’i, emantau, mengevaluasi penyelenggaraannya, serta meningkatkan serta mengembangkan manfaatnya sebaik mungkin. Masjid sebagai lembaga sosial kemasyarakatan juga bertanggung jawab terhadap terwujudnya situasi dan kondisi Ummat dalam lingkungannya.

Masyarakat yang sejahtera lahir dan batin, sehat, terdidik, dalam melaksanakan kewajiban beragamanya tumbuh dan berkembang, kreatif, dinamis dalam koridor ajaran Al Qur’an dan Al Hadist, berlanjut dan istiqomah. Masjid sebagai Pusat Ilmu Pengetahuan, Pendidikan, memiliki kewajiban untuk menggerakkan potensi Ummat agar selalu meningkatkan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi. Masjid memiliki Perpustakaan, Pusat Studi Islam, Studi Al Quran, Studi Al Hadis. Pusat Pendidikan dan Pelatihan Penghafal Al-Quran untuk seluruh lapisan masyarakat.

Masjid berperan menjadi Pusat Pelatihan SDM melalui Program Unggulan Pusat Pelatihan Ketrampilan bersertifikat, vocational training, bagi pencari kerja yg dididik kewira usahaannya dan diorganisir sebagai Pengusaha Muslim untuk memenuhi kebutuhan dunia usaha akan tenaga terampil.Selesai pelatihan maka para kader bisnis tersebut diorganisir menjadi Pengusaha Muslim dalam Perusahaan dari berbagai jenis industri yang saling menunjang dalam satu jaringan kekuatan ekonomi Ummat ( incubator bisnis ) Keberadaan para pengusaha tersebut akan menstimulasi peranan Masjid sebagai Pusat Ekonomi Ummat Islam berbasis syariah,  menyelenggarakan kegiatan bisnis riil serta kelembagaannya, eksis dan berkembang, dalam komunitas Masjid Masjid Raya Nurul Hidayah Tanah Kusir, akan menyediakan kebutuhan akan produk produk makanan halal, sesuai dengan tuntutan masyarakat untuk konsumsi. Sarana yang akan dibangun adalah Fasilitas kegiatan Bazaar, diwaktu pagi, siang dan malam diruang terbuka seluas lebih dari 600 meter persegi. Masjid hanya menyediakan fasilitas, mengatur, mengelola ketertiban, keamanan, dan administrasi Penyelenggaraan Bazaar sedangkan pelaku bisnis adalah Para Pengusaha kecil binaan Masjid.

Sejalan dengan himbauan Majelis Ulama Indonesia agar Ummat membangun kegiatan ekonomi, membangun koperasi 212, maka bentuk kegiatan dalam Islamic Center adalah beroperasinya kegiatan distribusi kebutuhan pokok dalam bentuk minimarket, kedai kopi, kantin murah. Memenuhi keinginan masyarakat dibidang kesehatan akan disediakan juga klinik umum dan poli gigi semua fungsi fungsi tersebut merupakan komplemen Masjid Raya Nurul Hidayah Tanah Kusir yang diberi nama Islamic Center. Melalui berbagai kreasi, inovasi, untuk menjawab tantangan mengantisipasi perubahan, berupa munculnya fungsi dan peran baru yang perlu dipenuhi dengan melakukan reformasi organisasi, kelembagaan, dan budaya kerja. Masjid juga melayani konsultasi untuk warga/jamaah berkaitan dengan masalahmasalah sosial, ekonomi serta keagamaan baik untuk individu maupun keluarga, yang pada akhirnya untuk kesejahteraan ummat. Seluruh kegiatan tersebut di wadahi dalam lingkungan serta bangunan yang disusun dalam rancangan tata ruang dan arsitektur. Berikut adalah lingkup rencana

Pembangunan sarana Islamic Center, yang meliputi antara lain:

  • Sarana Tpa Dan Taman Kanak-Kanak
  • Penyediaan Poliklinik
  • Tempat Pendidikan Keterampilan Untuk Siap Pakai
  • Tempat Pendidikan Al Qur´an
  • Tempat Pendidikan Hadist
  • Perpustakaan
  • Laboratorium Bahasa
  • Aula / Ruang Pertemuan

 

Leave a comment

Open chat
1
Assalamualaikum
Ada yang dapat kami bantu?