RISNA Remaja Masjid Raya Nurul Hidayah

Masjid merupakan salah satu institusi keagamaan terbesar dalam komunitas muslim. Keberadaannya tersebar di seluruh pelosok tanah air. Kehadiran masjid dalam satu lingkungan masyarakat setidak-tidaknya menjadi identitas bagi keberadaan komunitas muslim di lingkungan tersebut. Semangat masyarakat muslim untuk mendirikan masjid tidak pernah hilang sekalipun ditengah krisis ekonomi saat ini. Pembangunan masjid tidak pernah berhenti bahkan jumlah masjid di DKI Jakarta adalah sebanyak 2831 masjid dan 5661 mushola

Organisasi Remaja Masjid merupakan bagian tidak terpisah dari keberadaan Masjid. Keberadaannya melekat terhadap Masjid, karena memang Remaja Masjid ini merupakan bagian tidak terpisahkan dari Organisasi Masjid itu sendiri. Keberadaan Remaja Masjid ternyata memberikan warna tersendiri bagi pengembangan masjid. Dan tentunya, diharapkan Remaja Masjid bisa menjadi motor dalam pengembangan dakwah Islam yaitu dengan menjadikan masjid sebagai pusat aktivitas umat Islam pada umumnya dan khususnya adalah bagi pemuda/remaja. Remaja masjid merupakan wadah bagi remaja pemuda-pemudi islam untuk menuangkan berbagai macam kreatifitas, bekarya, loyal, tekun, kreatif dan bertanggung jawab

Berbicara remaja merupakan membicarakan komunitas muda-mudi yang masih dalam usia mencari identitas diri (jati diri). Banyak sekali faktor-faktor yang tersedia yang dapat menjerumuskan remaja kedalam situasi kondisi yang buruk. Karena zaman sangat memungkinkan menciptakan keadaan untuk itu. Untuk itulah diperlukan suatu wadah yang bisa membentengi remaja dengan bentuk kegiatan-kegiatan yang baik dan dipayungi dengan prilaku yang islami.

Masjid Raya Nurul Hidayah tanah kusir telah membentuk remaja masjid yang diberi nama atau disingkat dengan RISNA. Remaja inilah nanti yang akan ikut memakmurkan semua kegiatan masjid. RISNA memiliki jumlah anggota sebanyak 44 orang dan yang masuk dalam kepengurusan sebanyak 36 orang yang dibagi dalam 3 sub seksi:
1. Sie Acara
2. Sie Sarana konsumsi
3. Sie Publikasi
RISNA juga masih membuka peluang bagi remaja untuk ikut bergabung.

Program pada saat ini sementara hanya turut serta membantu kegiatan masjid yang sudah ada, seperti tarhib ramadhan, bazar ramadhan, ifthar Jama’i, pesantren kilat&lomba ramadhan, serta acara santunan anak yatim piatu bekerja sama dengan SMAN 78.

 

1 Comment

  • Nabil
    Posted June 12, 2019 6:09 pm

    Alhamdulillah

Leave a comment

Open chat
1
Assalamualaikum
Ada yang dapat kami bantu?